Kamis, 11 Juli 2013

Marhaban Ya Ramadhan, Kawan!



“Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam (3x)

Selamat datang Ramadhan, bulan penuh ampunan
Selamat datang Ramadhan, bulan penuh ganjaran

Mari kita menyambut dengan hati gembira
Mari kita menyambut dengan hati bahagia

Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam 
Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam 

Allah jadikan Ramadhan bulan penuh berkah
Allah jadikan Ramadhan bulan penuh rahmah

Perbanyaklah ibadah, jangan lupa dedekah
Perbanyaklah tadarus, jangan lupa shalawat

Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam
Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam

Selamat datang bulan yang siang harinya mulia
Selamat datang bulan yang malamnyapun mulia

Nafas dan tidur kitapun mendapat pahala
Dosapun diampuni doapun diterima

Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam 
Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam”



Yak, itu tadi lirik dari babeh Hadad Alwi feat. Anti – Marhaban Ya Ramadhan.
Sebuah lirik lagu yang cukup menjelaskan mengapa bulan ini ditunggu-tunggu bagi kaum muslim di seluruh dunia.

Marhaban Ya Ramadhan.. Marhaban Syahra Shiyaam..
Seluruh umat muslim dunia menyerukannya..

Oh, Ramadhan..
Bulan yang kami nantikan.

Terima kasih Ya Allah atas kesempatannya untuk bisa menikmati dan berlomba dalam kebaikan di bulan baik ini.

Bulan yang diistimewakan, dan karena di bulan inilah banyak sejarah terjadi di bulan indah ini. Salah satunya adalah turunnya Al Quran.

Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman, “Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk itu, serta pemisah antara haq dan batil”. (QS. Al Baqarah [2]: 185). Ibnu Katsir mengatakan bahwa Allah SWT menyanjung bulan Ramadhan atas bulan-bulan yang lain, yaitu dengan memilihnya sebagai bulan dimana Al-Qur’an diturunkan di dalamnya.

Dan selain itu, tentunya Rakyat Indonesia wajib mengetahui bahwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pun yang pada 17 Agustus 1945 bertepatan dengan bulan ramadhan. Cukup jelaskan bagaimana bulan Ramadhan itu bulan yang hebat dan mengapa diistimewakan?

Banyak peristiwa perjuangan di bulan ini, yang salah satunya dialami oleh Rakyat Indonesia. Para pejuang kemerdekaan tetap teguh mengorbankan jiwa raganya demi kesatuan Indonesia, tak peduli saat mereka sedang berpuasa. Hingga pada akhirnya Allah SWT memberikan sebuah hadiah dari poengorbanan kita selama ini, yaitu kemerdekaan.

Alhamdulillah..

Ada cerita menarik yang gue alami di pas pertama kali belajar puasa.
Pas awal-awal mulai belajar berpuasa, waktu itu gue masih kecil, lagi imut-imutnya. Ya mungkin kalian semua pernah merasakannya. Iya tapi bukan merasakan kalo kalian itu imut. Biar gue aja yang imut.
Lo gak suka?
Inget lo ada di lapak gue sekarang, sob :p
Suka-suka gue nih.

*Oke lanjut lagi*

Yak hari itu hari senin, sjam 12 siang dan gue baru balik dari sekolah. You know lah, hari seninnya dulu tuh hampir sama ngeselinnya dengan hari senin jaman sekarang.

Oke gue capek banget hari itu, meskipun jarak antara SD tempat gue sekolah dan rumah gak terlalu jauh, tapi tetep aja sampe rumah dalam keadaan haus akan air minum berkobar dari dalam tenggorokan dan lambung gue.

Nyampe rumah, awalnya gue pergi ke arah kamar mandi untuk cuci muka, dengan berharap mungkin setelah cuci muka, rasa haus akan hilang. Yaa paling tidak gue berharap kelar cuci muka mendadak udah adzan maghrib.

Kalian pasti paham, sebagai anak SD yang baru belajar puasa, tahan puasa sampe jam 5 sore aja merupakan prestasi tingkat tinggi, apalagi kalo bisa sehari full. Beh!
Setelah cuci muka, ternyata harapan gue sirna.
Gue tetep haus. Faak!

Kebetulan kamar mandi gue deket sama dispenser yang entah kena mengeluarkan bunyi gelembung-gelembung dari dalam galon, seolah-olah memanggil “ang, minum aku ang minu aku. Please!”
Bayangkan sob, air minta diminum sampe bilang “please”
Bagaimana gak luluh coba hati gue?
Maklum dari kecil gue emang anaknya gak tegaan.

Maka dengan pelahan-lahan gue ngambil gelas dan kemudian gue mengasih pertolongan ke air minum, dengan cara gue minum pastinya.
Dhuaaar! Fix! Puasa gue batal!

Dengan tampang imut gue, gue pura-pura gak terjadi apa-apa setelah itu. Tapi tetep aja, kalo bocah kecil mah gak kuat nahan kebohongan.
Ujung-ujungnya gue ngaku ke bokap.
Seketika bokap mendadak mirip Ustadz-ustadz yang ada di televisi gaya bicaranya.
Doi nyeramahain gue.
Dan akhirnya gue disuruh ngelanjutin puasa sampe maghrib.
Yak begitulah, dari pertama di tahun pertama gue mulai belajar puasa.
Niatnya menolong air minum, malah diceramahin bokap.
*tetep gak mau disalahin*
*padahal mah bener-bener salah*

Bla..bla..bla...blaaaaaa
Kemudian gue tumbuh besar dan dewasa. Muka masih dalam keadaan imut.
Tenang aja, sob..

Makin kesini, gue paham betapa mudah dirindukannya bulan suci ini.
Bulan ini tuh bagaikan momentum bagi umat islam untuk menjadikan kita (manusia) untuk jadi lebih baik.
Bulan penuh keistimewaan, diantaranya Syahrul Mubarak (Bulan penuh berkah) dan Syahrul Maghfirah (Bulan penuh ampunan).

Ada sebuah pertanyaan yang muncul dari temen gue dan dipertanyakan ke gue.
“Katanya puasa, setan-setan dibelenggu. Kok masih banyak maksiat yang ada di muka bumi?”
Kemudian gue bingung ngejawabnya gimana.
Tapi gue pernah inget pesan guru gue.
“Ketika Ramadhan maka di bukakannya pintu surga dan di tutup pintu neraka, dan kemudian dibelenggunya setan-setan. Kenapa setan sudah dibelenggu tapi tetap saja ada manusia berbuat makasiat? Karena yang namanya setan yang dibelenggu adalah setan berbentuk jin. Tapi setan itu ada 2 jenis, dari golongan jin dan dari golongan manusia. Lo tetap bermaksiat di bulan ramadhan? Lo mau disamakan dengan jin? Jangan!
Hati-hati, jangan bermain dengan pikiran, terutama untuk memikirkan keburukan. Puasa itu bukan sekadar menahan lapar dan haus saja. Emosi dalam berpikir dan berucap juga harus ditahan. Makanya persiapkan mental setebal mungkin. Kelak nanti lo paham musuh terbesar kita adalah hawa nafsu.”

Baiklah, mungkin itu aja yang bisa gue utarakan.
Maaf sebelumnya, bukan maksud untuk menggurui atau apalah namanya.
Gue cuma mau sharing aja, toh gue emang gak pernah maksa kalian untuk membaca postingan gue ini kan? Peace :p

Oiya sebelumnya mohon maaf lahir batin untuk semuanya.
Maaf jika ada salah dari kata-kata di dalam kalimat yang selama ini gue sampaikan.
Semoga puasa kali ini jauh lebih baik bagi kita semua.
Amin :)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GRAB MY BANNER!

JOIN US!

Back to top

VIEWERS

FRIENDS

Copyright © 2010-2014. Angga Harizki. Diberdayakan oleh Blogger.