Senin, 28 Oktober 2013

Selamat Hari #SumpahPemuda

Selamat tanggal 28 Oktober, pemuda!!
Okeh ketemu lagi kita di bulan Oktober.
Hm Oktober itu salah satu bulan terkaporit gue, eh terpaporit maksudnya.
Banyak tanggal-tanggal penting bagi gue di bulan ini.
Ada hari kesaktian nasional, hari blogger nasional, hari ulang tahun babeh gue, ulang tahun pacar gue, dan juga ulang tahun mantan gue. Lah!
Bagian terakhir tadi gak usah dipikirin yeh, sob.

Satu lagi yang keren karena hari ini (tanggal 28 Oktober) kita memperingati sumpah pemuda.
Tahukan maksudnya kenapa kita kudu memperingati hari sumpah pemuda?
Gue sih kagak. Hehehe

*Googling sana-sini, tanya sana-sini*
Oke, setelah gue mencari pencerahan tentang sumpah pemuda.
Gue baru paham ternyata ditanggal ini pada tahun 1928 itu, adalah hari kelahiran bangsa indonesia.
Beda dengan 17 Agustus, itu hari kemerdekaan bangsa kita.
28 Oktober 1928 itu cikal bakal muncul kembalinya semangat kemerdekaan, khususnya bagi para pemuda masa itu, yang kemudian mereka bersatu padu menyuarakan satu suara bagi kemerdekaan indonesia.


Tahu isi sumpah pemudakah?
Nih gue kasih tahu..

Sumpah Pemuda Asli :
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda pake EYD :
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Gak sedikit orang yang setelah baca kedua versi teks ini, mencoba bikin teks Sumpah Pemuda diganti pake huruf alay.
-____-
Pakyuh!

Semoga dengan kembali untuk kesekian kalinya kita para pemuda pemudi untuk memperingati sumpah pemuda. Mampu menyadarkan semua untuk bisa menyatu dalam persatuan dalam segi apapun. Serta mampu berkontribusi aktif bagi bangsa, ya minimal bagi lingkungan baik itu di sekolah, kampus maupun rumah dulu lah, sob.
Amin..

Gak ada salahnya bisa hidup bermanfaat bagi sesama kok.
Kelak kita pasti bakal ngerasa nyaman dan tenang kala kita berhasil bermanfaat bagi mereka, ya dengan satu syarat, ikhlas ngelakuiinnya.

*Keren beud kan kata-kata gue daristadi*
Muehehehe

Okelah gitu aja cukup dari gue.
Selamat Hari Sumpah Pemuda, Wahai Kita Pemuda Pemudi Indonesia!!


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GRAB MY BANNER!

JOIN US!

Back to top

VIEWERS

FRIENDS

Copyright © 2010-2014. Angga Harizki. Diberdayakan oleh Blogger.