Rabu, 06 November 2013

Sebuah Gerakan dibulan November, untuk Guruku!


Ciaossu!!

Sekarang sudah bulan November nih. Walaupun masih diawal bulan kayaknya seru juga nih ngomongin sesuatu yang ada akhir bulan, Eits buat para mahasiswa kostan jangan cemas dulu, gue gak akan ngomongin isi dompet kok. Celoo, sob!

Gini, gue mau ngomongin tentang Guru. Ya, sekalian buat menyambut Hari Guru Nasional tanggal 25 November nanti.
*padahal baru tau hari guru itu tanggal 25 November hehe*

Berbicara tentang hari guru. Bukan berarti cuma guru di sekolah aja yang kita selamatin di hari itu. Dosen, misalnya. Dosen juga termasuk “guru”, toh secara garis besar kerjaannya sama aja kan? Pembimbing les lo, temen-temen lo yang suka ngasih tau hal-hal yang belum lo tau juga bisa disebut “guru” juga sih menurut gue.

Yak, gue mau sedikit cerita tentang pengalaman magang gue di sebuah daerah beberapa bulan lalu. Gue magang cuma 3 minggu doang, bentaran doang sih, tapi cukup bikin miris hati ngeliat pendidikan SD di daerah, khususnya si sang guru.

1. Banyaknya guru yang suka meninggalkan kelas dalam waktu yang cukup lama


Beh! Lo tau mereka kemana? Mereka nongkrong di ruang guru, sob! Ngapain aja? Ngerokok, ngerumpi dan ngebakso aje kerjaannye. Pas gue tanya kenapa kelas ditinggal, katanya sih karena sudah dikasih tugas. Udah gitu aja. Enak ye jadi guru di daerah. Kejadian itu gak sekali-dua kali terjadi, sob.
Entah gue gak ngerti jalan pikiran guru-guru itu. Gue yakin ini bukan tentang masalah perbedaan karakter guru di perkotaan dan di pedesaan, toh di kota pun sama kek begindag, cyiiin!. Soalnya pas gue ngobrol bareng bokap gue (ya, bokap gue kerja jadi kepala TU di salah satu sekolah di Jakarta), bokap gue bilang sih itu karena “perbedaan zaman”, cara guru mengajar jaman dulu kalo kata bokap lebih berdedikasi sama pendidikan. Sebagai contoh bokap nyeritain kakek gue yang dulunya seorang guru (sampe sekarang kakek dipanggil mbah guru sama tetangga, bahkan se-kabupaten), kakek gue semasa jadi guru gak pernah ninggalin kelasnya, bahkan untuk ngambil izin gak masuk aje beliau mikir keras, dan kalo bener-bener gak bisa ngajar beliau pasti uring-uringan/kepikiran. Waktu itu jumlah guru juga cukup terbatas. Kelihatan loh orang yang di masa mudanya aktif, kelak di masa tuanya yang makin sepuh ini beliau selalu terlihat sehat.

2. Siswa gak ngerti materi yang disampaikan guru, malah diomelin.

Pernah waktu gue waktu lagi di ruang guru, terdengar omelan dari guru yang ada di kelas sebelah. Guru itu teriak, “Makanya kalo bapak lagi menjelaskan, diperhatikan!”. Padahal dari tadi itu kelas gak terdengar berisik atau gadung, loh. Jadi asumsi lo gimana?
Emang sih, kelas terlihat tidak gaduh itu belum tentu siswanya memperhatikan. Setidaknya, lihat dulu lah siapa yang sedang kita ajarkan. Mereka masih SD, sob. Pikiran mereka itu rata-rata maunya “main main main dan maiiin”.
Lagi-lagi gue ngobrol bareng bokap. Beliau ceritain kakek lagi. Dulu kakek kalo liat ada anak didiknya yang gak ngerti sama materi yang diajarin, kalo masih ada waktu dia pasti ulang tuh ngejelasin materi, kalo masih pada belum ngerti dilanjut setelah pulang sekolah. Bahkan biasanya kakek kalo udah kelar ngajar, diakhir beliau suka bilang gini, “Jam pelajaran cukup sampai disini. Jika ada yang belum mengerti tentang pelajaran hari ini, silahkan temui bapak di ruang guru. Atau dimanapun kalian ingin bertanya, bapak persilahkan”.
Beh! Makin bangga gue sama beliau..

Yah namanya juga seorang guru, dia juga manusia.
Jika ada kekeliruan, ada baiknya kita sadarkan, bagaimana pun itu caranya.
Jika ada guru yang sudah baik karakternya, ayo berikan dia semangat juga.


Berbicara tentang memberikan semangat untuk guru, kebetulan gue adalah mahasiswa FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) UNJ, saat ini BEM FIP UNJ sedang mengadakan “GERAKAN 1000 SURAT CINTA UNTUK GURU”.


Gue mengajak rekan-rekan semua (siswa/i, mahasiswa/i, orang tua, pacar, mantan pacar, mantan gebetan, atau siapapun kalian) untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan ini. Kalian cukup mengirimkan ucapan surat cinta ini via email fip.festival@yahoo.com atau kalian bisa menuliskan langsung ucapan kalian ke lembar kertas yang sudah rekan-rekan BEM FIP UNJ sediakan di sekretariat BEM FIP UNJ, Di Kampus A UNJ, Gedung Daksinapati Lt. 3 Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur.
Ditunggu surat cinta kalian sampai tanggal 14 November 2013. Kalian bebas mengungkapkan isi suratnya, baik itu unek-unek kalian, harapan untuk para guru ataupun ucapan terima kasih untuk guru.
Nantinya surat cinta ini nantinya akan dikirimkan langsung kepada guru-guru se-Jakarta Timur dalam kegiatan Jalan Sehat 2013 PGRI Kota Administrasi Jakarta Timur, pada hari Sabtu, 16 November 2013, Lokasi di Lanud Halim.

Yuk, ungkapkan rasa cintamu.
Sekecil apapun usaha kita, semoga mampu memberikan semangat guru dalam mengajar..

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GRAB MY BANNER!

JOIN US!

Back to top

VIEWERS

FRIENDS

Copyright © 2010-2014. Angga Harizki. Diberdayakan oleh Blogger.